Matan Irsyadul Ikhwan, Tentang Kopi dan Rokok

Manfaat Kopi dan Rokok
ارشاد الاخوان لبيان شرب القهوة والدخان
الشيخ إحسان بن محمد دخلان الجمفسي الكديري

Rokok dan kopi, ibarat sepasang kekasih yang sulit di pisahkan, merokok pasti akan lebih nikmat dan sempurna ketika sambil ditemani secangkir ataupun dua cangkir kopi dan sebagainya.

/**
Topik : hukum dan manfaat kopi dan rokok
Penulis: Syekh Ihsan bin Muhammad Dakhlan Jampes kediri
Jenis file: Pdf.
Asal file: Maktabah Nur
Bahasa: Arab
**/

Meskipun di bungkus rokok ada peringatan pemerintah akan bahaya dan efek samping dari merokok, sepertinya peringatan tersebut hanyalah sebagai peringatan belaka, peringatan yang tak berarti apa-apa bagi mereka yang sudah terbiasa merokok.

Minat masyarakat terhadap rokok sepertinya sangat tinngi sekali, mulai dari masyarakat kaya sampai dengan yang miskin sekalaipun. Bahkan kiai-kiai kita juga banyak sekali yang merokok

Pendapat ulama tentang Rokok

Islam memang benar agama yang sangat sempurna, agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia dari yang sangat penting sampi yang sangat remeh kelihatannya. Semuanya mempunyai hukumnya masing-masing.

Begitu pula tentang rokok, juga beberapa pendapat tentang hukumnya. Ada ulama yang mengatakan Haram dan ada yang menyatakan Halal. Begitu juga tentang kopi.

Dalam kitab ini bahkan di jelaskan kemanfaatan atau hasiyat dari kopi. Di antaranya adalah, meningkatkan semangat,engurangi balgham, dan membantu terlaksanakannya suatu aktifitas dengan penuh semangat.

Untuk lebih detailnya silakan download dan baca langsung kitabnya. Semoga bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa sebelum membaca, sediakan secangkir kopi agar tetap semangat membaca dan tidak ngantuk.

Jangan lupa! Download juga file kitab Al Fahul Wadudi Ala Al Makudi (حاشية ابن حمدون), catatan Ibnu Hamdun Atas kitab Syarahnya Imam Al Makudi untuk  Alfiyah Ibnu Malik.

DOWNLOAD NOW 3,57 Mb.

Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

1 Response to "Matan Irsyadul Ikhwan, Tentang Kopi dan Rokok"

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel