Mukhtashar Jiddan Makna Pesantren PDF - Syarah Jurumiyah

Mukhtashar jiddan petuk

Mukhtashar jiddan syarah dari kitab jurumiyah dengan makna pegon ala pesantren.


[Update: Selasa, 16 Rajab 1444 H.]

Shepangaropustaka.com - Mukhtashar jiddan adalah salah satu syarah dari kitab jurumiyah yang sangat populer, dan banyak dipelajari oleh para santri, dan siswa di tingkat pemula dalam mempelajari ilmu Nahwu.

Ilmu Nahwu merupakan salah pengetahuan dasar yang penting untuk dipelajari oleh para santri sebagai bekal dalam mempelajari ilmu agama lebih dalam melalui kitab kuning karya Ulama Salaf.

Kitab kuning bagi anak pesantren merupakan referensi utama dalam mempelajari ajaran agama, selain al Quran, dan Hadits nabi. 

Sebagiamana telah maklum bahwa Hampir semua kitab kuning karya ulama salaf itu menggunakan bahasa arab yang tidak ada harokatnya. Dan hanya bisa dibaca, dan dimengerti oleh orang yang faham ilmu nahwu dan ilmu alat lainnya.

Dalam istilah pesantren, ilmu Nahwu termasuk pada bagian Ilmu Alat. Yang artinya, sebagai alat (Sarana) untuk bisa mempelajari kitab kuning. Tanpa ilmu alat, kitab kining tidak bisa dibaca, dan difahami dengan benar.

Secara garis besar ilmu nahwu membahas tentang kaedah perubahan yang terjadi pada akhir setiap kaliamat dalam bahasa arab. Atau yang dikenal dengan Istilah I'rob.

Setiap akhir kaliamt akan berubah tergantung jenis kalimt dan kedudukannya. jenis kalimat dan kedudukannya merupakan pokok utama pembahasan ilmu nahwu.

Contoh sederhananya adalah lafadz Zaidun, Ketika lafadz tersebut bersamaan dengan kaliamt lain maka harokat terakhir dari lafadz zaidun biasa berubah menjadi tiga, rofa', nashab, dan jer.

I'rob rofa' memiliki tanda asli berupa harokat Dhommah, sedangkan nashab, memliki tanda asli berupa harokat fathah, dan ai'rob jer ditandai dengan harokat kasroh.

Kitab jurumiyah adalah kitab kecil yang membahas kaedah dasar ilmu nahwu, yang sangat cocok untuk diajarkan kepada anak, siswa, dan atau santri junior, sebagai tahap pengenalan.

Syarah yang berjudul Mukhtasahr jiddan ini akan membantu mempermudah kita dalam memahami isi dari kitab jurmiyah tersebut.

Identitas kitab Syarah Mukhtashor jiddan Pdf
=======

Judul Kitab: Syarah Mukhtashar jiddan

Pokok Pembahsan:

Syarah mukhtashar jiddan, kitab yang fokus membahas tentang ilmu Nahwu. Selain dari pada itu, kitab ini sudah lengkap dengan makna jawa ala pesantren/ makna petuk



Pengarang: Sayyid Ahmad Zaini Dakhlan



Format file: Pdf.



Ukuran file: 23,83 Mb.



Lihat juga:

========


Cara dan tempat download

Cara download kitab Syarah Mukhtashar jiddan ini sangat gampang. Cukup buka tombol download yang ada di bawah ini saja. Maka anda akan langsung masuk ke tempat kitab ini kami simpan, dan kalian bisa langsung mengambilnya dari sana.

Download juga file kitab mukhtashor jiddan gundul tanpa makna, cetakan terbaru Dar al Masyari' Beirut Lebanon, Di halaman Mukhtasor Jiddan cetakan beirut, darul Masyari'.
Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

3 Responses to "Mukhtashar Jiddan Makna Pesantren PDF - Syarah Jurumiyah"

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel