Kitab Qurrotul Uyun lengkap pdf - Arabic, Makna, dan terjemah

Shepangaro Pustaka - Segala puji hanyak milik Allah SWT. atas segala nikmatNya. Sehungga pada hari ini kita bisa terus diberi kekuatan untuk menambah, dan berbagi ilmu. Pada postingan kali ini, kami ingin membagikan Kitab Qurrotul Uyun, salah satu kitab yang sangat populer.

Kitab Qurrotul Uyun lengkap pdf, Arabic, Makana, dan terjemah

Namun sebelumnya kita akan menuliskan sedikit informasi tentang Kitab Qurrotul Uyun yanag akmi ketahui.

Yang pertama kita akan bahas dari segi namanya. Secara bahasa Qurrotul Uyun berarti "Penyejuk Mata". Besar kemungkinan nama ini, terinspirasi dari sebuah hadis yang menceritakan bahwa istri-istri Baginda Nabi itu merupakan Penyejuk mata (Qurrota A'yun) bagi Nabi, sehingga wajar sekali jika kemudian beliau mengatakan "Baiti Jannati" (Rumahku Surgaku).

Kitab yang memiliki nama lengkap Qurrotul 'Uyun bi Syarhi Nadhmi ibn Yamun ini disusun/dikarang oleh Syekh Abu Abdillah Muhammad at-Tihamiy ibn al-Madaniy ibn Aliy ibn Abdillah Kannun al-Idrisiy al-Husainiy al-Fasiy (w. 1333 H/1915 M). Seorang Ulama besar yang bermadzhab Maliki. Beliau berasal dari tanah Fas, yang kemudian hijrah dan menetap di Thonjah hingga wafat. Dan kitab ini selesai dikarang pada tanggal 12 Ramadhan, betepatan dengan tahun 1305 H.

Dari judul lengkap kitab ini, bisa kita fahami bahwa kitab Qurrotul 'Uyun adalah Syarah dari sebuah kitab yang berjudul ‘Nadham Ibnu Yamun’ yang dikarang oleh Syekh Abu Muhammad Qasim bin Ahmad bin Musa bin Yamun at-Talidiy al-Akhmasiy, yang berisi sekitar 104 bait Nadham terkait pernikahan. Dan kebetulan Nadham tersebut juga selesai disusun pada bulan Ramadhan tahun 1069 H.

Barangkali berdasarkan historis pengarangan kedua kiatab tersebut, akhirnya kitab Qurrotul Uyun ini biasanya dikaji pada bulan Ramadhan sebagai materi ngaji kilatan di banyak lembaga pesantren dls.

Didalam kitab ini di bahas dengan ddetail dan rinci sputar perikahan, mulai dari hukum-hukum nikah, rukun-rukun nikah, motivasi menikah, hingga tujuan menikah. Semua hal tersebut bisa anda temukan dalam kitab ini.

Tak ketinggalan, didalam kitab Qurrotul Uyun ini juga dibahas secara detail bagaimana seharusnya acara walimatul Ursy (Selamatan Pernikahan) dilaksanakan, tentunya dengan mengikuti aturan yang sesuai dengan sunnah Rasul, serta hal apa saja yang harus dijauhi dalam pelaksaan Walimah itu.

Agar tercipta ekonomi yang kuat dan hubungan suami istri yang harmonis dalam rumah tangga, didalam kitab ini juga diajarkan bagaimana seharusnya seorang suami memperlakukan istrinya, dan bagaimana suami mencari nafkah yang baik, dan halal.

Untuk membangun rumah tangga yang sakinah dan harmunis, nafkah bathin berupa hubungan seksual yang baik juga sangat menentukan. Oleh sebab itu di dalam kitab Qurrotul Uyun ini juga diuraikan etika bercinta yang baik dan benar serta kapan waktu terbaik melaksanakannya.

Di dalam kitab ini juga dibahas secara tuntas berbgaim problematik hubungan seksual dengan pasangan utamanya bagi pengatin baru. Mulai dari hal apa saja yang harus dilakukan sebelum memulainya, hingga saat selesai melaksankannya. serta bagiamana pengantian baru harus melaluli malam pertamnya. sebab masalah ini, merupakan hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh para pengantin baru.

Oleh sebab itulah, kitab Qurrotul Uyun ini menjadi salah satu kitab pendidikan seks bagi seorang muslim dan muslimah yang sengaat lengkap. Sebab selai membahas tuntas panduan bercinta islami, kitab ini juga dilenkapi dengan pembahasan fikih dalam pernikahan. Sehingga kitab ini, akan mengajarkan pembacanya bagaimana membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Buat sahabat Shepangaro pustaka yang tertarik untuk mempelajari kitabini, kami persilakan untuk mengambilnya melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini. Berikut kami sipkan tiga jenis kitab Qurrotul Uyun yang bisa kalian pilih.

Qurrotul Uyun Arab kosongan                                        Qurrotul Uyun Makna pesantren

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Kitab Qurrotul Uyun lengkap pdf - Arabic, Makna, dan terjemah"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel