Maulid al Barzanji makna pesantren pdf

Maulid al Barzanji makna pesantren pdf

Diantara bacaan yang biasanya di baca dalam acara peringatan maulid nabi, dalam rangka memperingati hari kelahiran baginda nabi adalah Kitab Maulid al Barzaniji. Sebuah kitab yang didalmnya tertulis, sejarah agung seputar kelaharan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, disertai dengan puji-pujian, juga shalawat kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Dan pada umumnya, kitab-kitab tersebut dibaca dalam bahsa aslinya, yaitu bahasa arab. Tentu saja tidak sedikit sebagian dari kita yang tidak faham, terhadapa apa yang dibaca dalam acara tersebut, bahkan mungkin ada juga yang beranggapan bahwa yang dibaca adalah sekumpulan mantra sakti.

Dari hal tersbut, memantik semangat para ulama, kiai, dan para ustadz, untuk menyusun ulang kitab al barzanji, dan kitab maulid lainnya dengan dilengkapi terjemahan bahasa indo, ataupun terjemahan bahasa jawa pegon ala pesantren, yang biasa diistilahkan dengan istilah kitab makna pesantren.

Maulid al Barzanji termasuk diantara buku bacaa maulid yang sangat populer, khusunya di negeri kita indonesia. Kitab yang memiliki judul asli "al Iqd al jawahir (Kalung Permata) fi maulid an nabiyyil azhar" ini, disesun oleh seorang Ulama sufi terkenal, Sayyid Ja'far bin Hasan al Barzanji. Sehingga masyhur dengan Nama Al Barazanji.

Untuk mempelajari isi kitab maulid al barzanji, kita harus paham tentang kaedah sastra bahasa arab. Akan tetapi, untuk kitak yang tidak begitu mahir tentang kaedah bahasa arab, kita bisa menggunakan kitab maulid al barzanji yang sudah dilengkapi dengan terjemah, atau sudah di pasangi arti/makna ala pesantren.

======
Nama Kitab: Maulid al Barzanji ('Iqd al Jawhar fi maulidi nabiyyil azhar).

Pokok Pembahasn: Sejarah kelahairan, pujian, dan Shalawat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Penyusun: Sayyid Ja'far bin hasan al Barzanji.

Format kitab: Pdf.

Ukuran File: 7,60 Mb.
======

Untuk Kalian yang ingin membaca kitab al Barzanji yang ada makan pesantrennya, silakan ambil kitab tersebut melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini. Mudah-mudahan dengan memahami arti dari bacaan maulid ini, bisa menambah kehusyuan kita dalam memperingati maulid nabi, serta menambah kecintaan kita kepada Rasululah صلى الله عليه وسلم.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Maulid al Barzanji makna pesantren pdf"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel