Tips Agar Mudah Bangun malam untuk shalat Tahajud

Tips Agar Mudah Bangun malam untuk shalat Tahajud

Melakukan shalat sunnah tahajjud di sepertiga malam, merupakan salah satu kenikmatan besar yang tidak sembarang orang mendapatkannya.

Hanya mereka orang yang beruntung, yang diberi kemampuan dan kesempatan untuk merasakan nikmatnya bermunajat dengan yang maha kuasa, saat kebanyakan orang sedang tidur, dan malas bangun.

Dan tidak sedikit dari kita yang juga ingin melakukannya namun terkendala dengan banyaknya rintangan dan hambatan, selain mungkin juga disebabkan kurangnya kemauan. sehingga bangun dan mengerjakan shalat tahajjud terasa sangat berat.

Padahal urusan berat dan terpaksa adalah hal biasa, kami yakin pada awalnya semua orang merasa berat sebab bertentangan dengan nafsu, tapi karena didorong oleh keinginan yang kuat, semua hambatan dan perasaan beratnya dapat dikalahkan dengan mudah.

Nah bagi yang ingin bangun di sepertiga malam tapi selalu gagal,  mungkin tidak ada salahnya jika kalian mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Bulatkan Niat

Segala perbuatan akan menjadi ringan jika dilakukan dengan kemauan yang tinggi. maka dari itu jika kalian benar-benar ingin bangun malam  untuk melaksanakan shalat tahajjud, yang mesti kita perbaiki pertama adalah niat, dan kemauan kita sendiri. Sama halnya jika kita sedang punya janjian bisnis besar dengan seseorang pada jam tertentu, pasti kita kan selalu menginat jam tersebut dang berusaha sekuat tenaga untuk tidak melewatkan waktu tersebut.

2. Berdoa

Tips berikutnya agar bisa bangun malam hari adalah, berdoa, memohon kepada yang maha kuasa agar di beri kekuatan dan kemudahan untuk bisa bermunajat dengan Nya di waktu yang sangat istimewa itu. Sebab doa adalah senjata pamungkas umat muslim, tidak ada upaya yang melebihi kekuatan doa.

3. Kurangi perbuatan dosa (Taubat)

Tips selanjutnya, berusahalah untuk menjauhi perbuatan buruk ( dosa ) di waktu siang hari, sebab ada yang menyegtakan bahwa salah satu penyebab sulitnya bangun malam untuk shalat tahajjud adalah, bertumpuknya dosa, oleh karena itu, usahakan  untuk meminimalisasi perbuatan dosa, dan senantiasa meminta ampun atasn segala dosa yang telah kita perbuat.

4. Tidur Qoilulah

Tidur qaoilulah (Tidur sebentar sebelum adzan duhur) termasuk salah satu tips yang pernah dianjurkan oleh baginda Nabi. Tidur qoilulah meskipun hanya sebentar, manfaatnya melebihi tidur siang lainnya meskipun berjam-jam.

5. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal juga bisa membantu kita untuk bangun lebih awal. Dengan tidur lebih awal diharapakan pada waktu bangun nanti tidak terlalu merasa ngantuk, sehingga kita bisa melaksanakan apa yang kita inginkan tampa gangguan rasa ngantuk

6. Pasang Alarm 

Alarem juga bisa kita manfaatkan, untuk membangunkan dan mengingatkan kita pada jam yang kita inginkan. Dan jam terbaik untuk ibadah malam terletak pada bagian 1/3 yang terakhir, kalo dijamkan sekitaran jam 3 dini hari. Setel lah alarm untuk berdering pada jam tersebut.

7. Minta orang lain untuk membangunkan.

Selain menggunakan alarm kita juga bisa minta tolong saudara, teman, keluarga, dan orang lain yang biasa bangun malam, agar membangunkan kita diwaktu yang kita inginkan.

Itulah 7 tips, yang kami rangkum dari beberapa sumber. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat, dan membantu kita semua untuk bisa bermunajat dengan Dzat Yang maha kuasa.
Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "Tips Agar Mudah Bangun malam untuk shalat Tahajud"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel