Kitab Al Manhalul Lathif fi Ushuli Al Hadits pdf


المنهل اللطيف في أصول الحديث الشريف
للسيد محمد بن علوي بن عباس المالكي المكي الحسني

Kita semua sepakat bahwa hadits merupakan salah satu sumber, atau Dasar dalam menentukan hukum-hukum agama islam. Sesuai dengan sabda baginda nabi yang berbunyi "تركت فيكم أمرين لن تضلوا ما تمسكتم )بهما، كتاب الله وسنة نبيه".  (رواه مالك في الموطأ

Akan tetapi dari sekian banyaknya hadits, tidak semuanya bisa kita jadikan landasan sebuah hukum, sehingga para ulama membuat kriteria khusus untuk membedakan hadits yang boleh di jadikan hujjah dan yang tidak.

Dari kereteria yang dibuat lahirlah beberapa tingkat atau posisi hadits dalam hal boleh dan tidaknya di jadikan dasar hukum. Posisi tertingginya di sebut dengan istilah hadits Shahih, dibawah nya ada hadits Hasan sampai pada posisi paling akhir adalah hadits Maudlu' atau hadits palsu.

Ilmu yang menjelaskan ciri-ciri hadits shahih dan tidak shahih smacam ini biasa di sebut dengan istilah Ulumul Hadits, dan ada pula yang menyebut dengan istilah Mushtalahul Hadits.

Oleh karenya sangat penting sekali bagi kita-kita yang ingin mulai seriu belajar tentang hadits-hadits nabi, terlebih dahulu untuk mempelajari ilmu mustalahul Hadits, seperti kitab Al manhalul Lathif ini.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bebagi file Al Manhalul Lathif ini secara grati, bagi anda yang mau, silakan download melalui tombol download yang tersedia. Semoga bisa bermanfaaat.

DOWNLOAD DI SINI

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Kitab Al Manhalul Lathif fi Ushuli Al Hadits pdf"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel