Syarah kitab Irsyadul Ikhwan, Manfaat minum Kopi

Syarah irsyadul ikhwan

Syarah Nadham Irsyadul Ikhwan Fi bayani Syurbil Qahwati wa Al Al dukhan-Adalah kitab yang menjabarkan kitab karya syekh Ihsan Jampes, yang membahas tentang hukum dan faedah minum kopi dan rokok.

Selama ini yang sering kita dengar, merokok itu hukumnya haram, akan tetapi pada kenyataannta banyak sekali kiai-kiai sepuh yang masih tetap merokok!. Sehingga, sebagai orang awam kita menyimpulkan bahwa merokok itu meskipun haram, mungkin cuma haram kelas "ringan". Atau mungkin memang ada ulama yang memperbokehkan.

Dan Setelah melihat kitab ini, kita akan mengetahui bagaimana sebenarnya pendapat para ulama tentang kopi dan  merokok.


Selain perokok, juga banyak sekali masyarakat yang suka minum kopi. Mungkin mereka sudah merasakan beberapa manfaat dari minum kopi, sebagaimana yang di kelaakan dalam kitab ini.

Salah satu keistimewaan kopi yang membuat saya suka minum kopi adalah ketika saya tak sengaja mendengar video yang berisi pidato Abah Guru sekumpul, dalam video itu beliau menerangkan bahwa " selama tenggorokan seseorang masih terdapat aroma kopi, melaikat akan memohonkan ampun untuk orang itu" dari sinilah saya mulai membiasakan diri untuk minum kopi.

Ternyata kopi memang mempunyai banyak manfaat yang perlu dan harus kita ketahui.

Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "Syarah kitab Irsyadul Ikhwan, Manfaat minum Kopi"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel