Download Kitab as Shamti, wa adabul lisan - Ibnu Abi Dunya


Kitab as Shamti, wa adabul lisan Pdf, kitab ini, berisi kumpulan hadits, terkait dengan ucapan, tata krama lisan(mulut), dan keuntungan tidak banyak bicara.

Suatu ketika Luqman al Hakim mendapatkan perintah aneh dari tuannya. Dimana sang tuan memberinya seekor kambing untuk disembelih. Kemudian sang tuan meminta agar Luqman memberikan dua potong daging yang paling buruk dari kambing tersebut.

Menyikapi perintah itu, Luqman al Hakim kemudian memabawa dua potong daging sesuai dengan permintaan tuannya itu. Daging yang dibawa luqman tersebut adalah daging lidah, dan hati. Lalu kedua daging tersebut diberikan kepada tuannya.

Melihat apa yang diberikan luqman, sang tuan merasa kebingungan, kenapa daging yang dibawa adalah lidah dan hati, padahal sang tuan memintanya untuk membawakan daging yang paling buruk.

Lalu sang tuan berkata wahai luqama, bukankah aku memintamu untuk memberiku dua daging yang paling buruk, tapi kenapa engkau malah memberiku daging lidah dan hati? Kemudian luqman menjawab dengan kearifannya, bahwa kedua daging tersebut sudah sesuai dengan permintaan tuannya.

Sang tuan semakin heran. Lalu sang tuan kembali memberinya seekor kambing utnuk disembelih lagi, dan pada kali ini sang tuan memintanya untuk mengmbil dua daging yang paling buruk.

Kemudian Luqman melaksanakan perintah tersebut, dan pada permintaan kali ini, Luqman kembali membawa daging lidah dan hati kepada tuannya. Sang tuan semakin heran kemudian ia berkata " Wahai luqman apa apaan ini? pertama aku mintamu dua daging yang buruk, kamu memberiku daging lidah dan hati, sekarang aku memintamu membawakan daging yang baik, kamu juga memberiku daging lidah dan hati, apa ini maksudnya wahai luqman?".

Kemudian luqman menjelaskan bahwa Lidah dan Hati bisa menjadi daging yang paling buruk, dan juga menjadi daging yang paling baik, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk mempelajari adab dan tata krama lidah agar lidah kita menjadi lidah yang baik.

Kitab as Shamti wa adabul lisan, bisa menambah wawasan kita tentang etika lisan. Kitab ini menghimpun hadits-hadits nabi, tentang lisan dan tatakeramanya. Kitab ini disusun oleh, al Imam al Hafidz al Mutqin, Abi Bakar Abdillah bin Muhammad bin Uabaid ibni Abi Dun-ya (281H.).

========
Judul Kitab: Kitabus Shamti, wa adabul Lisan.

Poko pembahasan: Tatakerama Lisan.

Penyusun: Ibnu Abi Dun-ya

Penerbit: Darul kitab al Arobi.

Sumber file: archive,org

Foemat File: Pdf.

Jumlah file:1

Total halaman: 326 Halaman (Pdf).

Ukuran File: 4,02 Mb.
=======

Download Kitabus Shamti wa adabul lisan

Bagi kalian yang tertarik untuj membaca kitab ini, secara ofline, silakan dowload kitabnya melalui tautaan yanag ada dibawah ini, atau kalian juga bisa langsung membacanya secara online, tampa perlu download file.




Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Download Kitab as Shamti, wa adabul lisan - Ibnu Abi Dunya"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel