3 Tanda baligh untuk anak laki-laki dan perempuan

3 Tanda baligh untuk anak laki-laki dan perempuan

Baligh menjadi batas bahwa sesorang udah memiliki tanggungan untuk melaksanakan peraturan agama. Seperti kewajiban mengerjakan ibadah shalat, kewajiban berpasa pada bulan Ramadlan, dan kewajiban lainnya. anak yang sudah baligh sudah memiliki beban untuk mengikuti perintah dan menjauhi larangan yang telah ditetapkan didalam agama.

Dan untuk menentukan apakah anak kita sudah baligh atau belum, kita bisa mengontrolnya dengan salah satu dari tiga tanda baligh berikut, sebagaimana yang telah diajarkan oleh para ulama / pakar agama. Jika salah satu dari 3 tanda berikut sudah terjadi pada anak kita berarti mereka sudah memasuki usia baligh. dan mulaisaat itu ia memiliki tanggung jawab melaksanakan kewajiban agamanya, selama ia memiliki akal yang sehat tentunya.

Dari ketiga tanda baligh berikut ini, ada satu tanda yang hanya dihususkan untuk anak cewek tidak untuk anak cowok, maka dari itu bagi anak cowok tanda balighnya hanya ada dua.

Tiga Tanda Baligh


1. Bisa keluar sperma

Anak laki-laki dan perempuan bisa disebut baligh bila sudah bisa mengeluarkan sperma, baik dengan cara bermimpi, ataupun dengan cara yang lain. tapi yang disebutkan di dalam kitab biasanya menggunakan kata Ihtilam yang artinya keluar sperma dengan cara bermimpi. Sebab jarang sekali anak kecil mau mengeluarkan spermanya melalu cara selain mimpi.

Kan tidak etis juga ada anak kecil disuruh melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan keluar spermanya dengan dalih untuk mengetahui baligh dan tidaknya. lagian kan keluarnya sperma bukan satu-satunya tanda baligh, kan masih ada tanda baligh yang lainnya.

2. Berusia Genap 15 Tahun

Anak laki-laki maupun perempuan juga bisa disebut Baligh / balighah jika usiaya sudah genap 15 tahun. jika selama ini, belum ada satupun tanda baligh yang dialaminya, akan tetapi umurnya sudah mulai genap 15 tahun, maka sejak itulah dia dikategorikan anak yang sudah Baligh / balighah.

3. Menstruasi

Tanda ini tentnya khusus bagi anak cewek. Anak cewek yang sudam mengalami menstruasi meskipun belum berumur 15 tahun, atau belum pernah bermimpi kemudian keluar sperma juga disebut sebagai anak cewek yang sudah Baligh (Balighah).

Menstruasi biasanya terjadi pada anak cewek yang sudah berusia minimal 9 tahun kurang 15 hari. Maka jika ada anak cewek yang mengeluarkan darah dari kelaminnya sebelum usia tersebut, maka darahnya tidak bisa disebut mentruasi, yang biasa menandakan bahwa dirinya sudah baligh.
Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "3 Tanda baligh untuk anak laki-laki dan perempuan"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel