Asal muasal diturunkannya ayat Lakum dinukum waliyadin


Sebagaimana kiita ketahui bahwa ayat lakum dinukum waliyadin merupakan bagian, atau satu ayat dari 6 ayat dalam surah alkafirun, yang semuanya diturunkan secara bersamaa dalam satu peristiwa.

Berikuat adalah ayat-ayat dalam surah al kafirun beserta artinya:

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِیم
قُلۡ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلۡكَـٰفِرُونَ ۝  لَاۤ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ ۝  وَلَاۤ أَنتُمۡ عَـٰبِدُونَ مَاۤ أَعۡبُدُ ۝  وَلَاۤ أَنَا۠ عَابِدࣱ مَّا عَبَدتُّمۡ ۝  وَلَاۤ أَنتُمۡ عَـٰبِدُونَ مَاۤ أَعۡبُدُ ۝  لَكُمۡ دِینُكُمۡ وَلِیَ دِینِ
Artinya:


1. Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang kafir!

2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,

3. Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,

4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

5. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.


6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Disebutkan dalam buku-buku sejarah islam, bahwa ayat ini, diturunkan untuk menolak, ajakan, dan tawaran toleransi versi kafir quraisy pada saat itu.

Mereka, kafir quraisy, meminta Nabi dan para sahabatnya untuk bergantian menyembah tuhan mereka. Mereka minta nabi menyebah tuhan mereka selama setahun, dan kemudian mereka juga akan meyembah Tuhan yang disembah Nabi Muhammad selama satu tahun.

Setelah itu baru di putuskan, apakah agama mereka yang benar, atau agama islam yang benar. Jika ternyata yang mereka anggap paling brnar adalah islam yang dibawa Nabi Muhammad, maka merka akan ikuat Nabi Muhammad, begitupun sebaliknya.

Sebab kjadian itulah, Allah menurunkan surah Al Kafirun, untuk menolak permintaan tersebut. Dalam surat itu dikatakan dengan tegas bahwa Nabi tidak akan pernah menyembah tuhan mereka, dengan alasan apapun.

Oleh karenanya, ulama menyebut bahwa surah al kafirun adalah surah penolakan / Kebebasan (Surah Baroah). yang artinya Nabi tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan, setelah nabi menyampaikan bahwa satu-satunya agama yan diridhai Allah adalah Islam.

Itulah sekilas, tentang sejarah, penyebab diturunkannya surah al Kafirun. Mudah-mudahan dengan tulisan singkat kita bisa membuka wawasan kita tentang tujuan awal diturunkannya ayat lakum dinukum waliyadin.
Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "Asal muasal diturunkannya ayat Lakum dinukum waliyadin"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel