Kitab Fiqhul Hikayat dengan makna pesantren (Pdf)


Shepangaropustaka.com - Fiqhul Hikayat Makna Pesantren Pdf. Sebuah kitab yang sangat luar biasa, karya Syekh Musa Mustofa attamany.

Fiqhul hikayat adalah kitab yang berisi sekumpulan cerita islami, dan inspiratif, yang memiliki keterkaitan dengan ilmu fikih. Itulah sebabnya kitab ini diberi judul Fiqhul Hikayah, yang artinya "Fiqih Hikayta / Cerita).

Tentu sangat berbeda dengan kitab fikih pada umumnya, yang biasanya membahas tentang hukum-hukum islam, beserta dasar-dasarnya. Didalam kitab ini kalian hanya akan membaca cerita terkait hukum islam yang sudah banyak dijelaskan dalam kitab fikih pada umumnya.

Sebagai contoh, ada sebuah cerita berkaitan dengan sunnahnya menjaga wudlu yang terjadi diantara Imam Syafii, dan keluarga Imam Ahmad bin Hambal.

Pada suatu ketika Imam Syafii bertamu, dan bermalam di rumah Imam Ahmad bin Hambal. Pagi harinya putri imam ahmad bertanya kepada ayahnya: "wahai ayah, diakah imam Syafii yang sering ayah ceritakan?" "Benar wahai putriku" jawab imam ahmad. Kemudian sang putri berkata, seakan penuh keheranan "Aku melihat 3 hal yang kurang wajar darinya, pertama ketika beliau makan, makannya banyak sekali, kedua dimalam hari aku tidak melihat beliau bangun untuk shalat, dan yang ketiga, beliau shalat subuh tanpa berwudlu".

Setelah mendengan cerita putrinya itu Imam Ahmad mengklarifikasi kebenaran cerita tersebut kepada Imam Syafii. Kemudia Imam Syafii menjawab: "Wahai Ahmad, Aku makan banyak, karena aku tahu bahwa makanan di rumahmu ini pasti halal, dan engkau adalah orang dermawan, sedangkan makanan orang dermawan adalah obat, dan makanan orang kikir adalah penyakit. Terkait aku tidak shalat malam, itu benar, sebab semalam aku tidak bisa tidur karena memikirkan 72 masalah seputar fikih yang sangat penting bagi umat islam. Adapun terkait shalat subuh tanpa wudhuk, itu karena aku semalam memang tidak tidur sama sekali sehingga aku shalat subuh dengan wudluk yang sama dengan yang saya pakai shalat isya".

Sesuai denga judulnya kitab yang disusun oleh Syekh Musa Mustofa attamany, ini memuat banyak cerita terkait ilmu fikih seperti cerita Imam Syafii di atas. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung membacanya sendiri.

Untuk kalian yang masih pemula, tak perlu khawatir, karena kitab ini sudah dilengkapi dengan makna jawa pegon ala pesantren yang akan mempermudah kalian dalam memahami isi dari pada kitab Fiqhul Hikayat ini.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Kitab Fiqhul Hikayat dengan makna pesantren (Pdf)"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel