Kitab Mafahim Yajibu an Tushohhah Makna Pesantren (Pdf)


Shepangaropustaka.com - Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki termasuk salah satu ulama besar yang rajin menulis banyak risalah, dan kitab-kitab ilmiyah yang sangat bermanfaat bagi dunia keintelektualan, dan umat muslim. Salah satu karya beliau yang sangat populer adalah kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah.

Kabarnya dari sekian banyak karya beliau, kitab Mafahim adalah karya kesayangan beliau. Hal tersebut berdasarkan pernyataan belaiu sendiri. Bliau pernah membuat pernyataan yang kira-kira artinya " Kitab karanganku yang paling dekat kepadaku adalah Kitab Mafahim".

Dan gara-gara kitab ini, Sayyid Muhammad al Maliki pernah mendapatkan perlawanan keras dari orang-orang dinegaranya. Parahnya lagi, beliau sampai dilarang mengisi kajian-kajian ilmiyah di masjidil haram, dan karyanyapun tidak boleh diterbitkan. Tidak hanya sampai di situ, beliau juga ditangkap, dan pasportnya di sita.

Meski demikian, semua yang beliau alami demi menyampaikan kebenaran itu, sama sekali tidak membuat beliau jera, dan merasa menyesal. Beliau terus Istiqamah, dan meyakini janji Allah bahwa yang menolong agama Allah pasti akan ditolong Allah SWT.

Didalam kitab ini Sayyid Muhammad mendeskripsikan golongan yang suka mengkafirkan tawasul kepda Nabi dan orang shalih, sebagai golongan yang tidak cerdas, sebab mereka tikdak bisa membedakan mana kedudukan Nabi, dan mana kedudukan Allah SWT.

Secara garis besar ada tiga poko pembahasan yang yang dibahas dengan rinci oleh penyusun dalam kitab ini. Pembahasan pertama, adalah pembahasan seputar Aqidah, pembahasan kedua terkait Nubuwah, dan pembahasan ketiga berisi pembahasan umum yang berkaitan dengan pembahasan utama.

Membaca kitab ini tak ubahnya menyelami medan keilmuan penulisnya yang tidak hanya mahir di bidang aqidah, dan tashawuf saja, melainkan juga alim di bidang lainnya, seperti bidang Hadits, dan Tafsir.

Kabar baiknya lagi, kitab ini sudah dilengkapi dengan makna pegon ala pesaantren yang tentu akan sangat membantu kita yang masih kelas pemula untuk bisa membaca, dan memahami isi dari pada kitab ini.

Buat kalian yang ingin membaca kitab ini, kami sudah siapakan tautan download yang siap membantu kalian untuk mendaptkan kitab ini dengan mudah, dan gartis. Kalian hanya perlu menyediakan ruang penyimpanan, dan koneksi internet yang memadai. Kitab ini berukuran sekitar 72,52 Mb.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Kitab Mafahim Yajibu an Tushohhah Makna Pesantren (Pdf)"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel