Al Mujmal Fin Nahwi PDF, 3 Kunci Mengenal Ilmu Nahwu Dasar


Al-Mujmal Fin Nahwi Pdf, memuat tiga kunci mengenal ilmu nahwu tingkat dasar. Sebagai pelajar pemula, terlebih dahulu kita bisa belajar mengenal imu nahwu dari tingkat yang paling dasar, sebab pembahasan tingakt selanjutnya sangat berkaitan dengan pembahsan di tingkat dasar.

Akan terasa sulit sekali untuk memahami ilmu nahwu tingkat lanjutan, jika ditingkat dasarnya saja masih banyak yang belum kita fahami. Buku ini sangat cocok untuk para pelajar pemu, yang masih baru pertama kali mau belajar Ilmu Nahwu.

Didalam buku ini, sebagai permulaan, pengarang membaerikan beberapa tips penting, bagaimana cara mudah menaklukan bahasa arab. Ada sekitar 10 tips yang dipaparkan oleh penyusun dalam permulaan buku ini.

Berikut adalah 10 tips dari penyusun buku Al Mujmal Fin Nahwi untuk bisa menaklukkan bahasa Arab dengan mudah.

1. Perbaiki, dan luruskan Niat karena Allah SWT.

Agar apa yang kita upayakan ini memiliki nilai jual akhirat, maka kita perlu menitakannya untuk akhirat, yaitu niat belajar ilmu nahwu karena ingin memhami ilmu agama. Sebab kita tahu bahwa segala sesuatu itu tergantung pada niatanya, dan kita akan memperoleh apa yang kita niatkan.

Dengan niat yang baik, kita berharap agar Allah membantu mempermudah kita dalam memahami kaidah-kaidah ilmu Nahwu.

2. Berdoa Kepada Allah SWT.

Berdoa adalah senjata orang yang beriman. Maka sebagai orang yang beriman sudah sewajarnya kita untuk selalu berdoa, meminta kepada Allah SWT agar dimudahkan segala apa yang kita upayakan. Termasuk dalam hal mempelajari ilmu Nahwu ini.

3. Tumbuhkan Kecintaan pada Bahasa Arab

Melakukan sesuatu karena cinta, akan menghilangkan semua rintangan yang menghadang. Kita akan jauh lebih semanagat belajar apabila didalam hati kita ada rasa cinta yang sangat dalam terhadap bahasa arab.

4. Belajarlah Pada Guru

Belajar bahasa arab dengan guru, tentu jauh lebih efektif dari pada mempelajarinya secara otodidak. Apabila kita hanya belajar dari buku, maka kita akan menemukan banyak sekali kebingungan sebab dalam ilmu nahwu ada banyak kaedah yang membutuhkan penjelasan guru yang juga telah memahaminya dari guurunya.

5. Bersungguh-sungguh dan Bertahap

Belajar bahasa arab memang membutuhkan ketkunan, dan kesabaran, oleh karenanya kita harus mempelajarinya dengan sungguuh-sungguh, dan mempelajarinya dari tingkat yang paling dasar. sebab mempelajari bahasa arab sampai mahir tidak bisa kita peroleh secar instan.

6. Memperbaiki Tahsin / Tajwid

Bahasa araba memilki kaitan yang sangat erat dengan kaedah penulisan (Tahsin), dan cara membaca huruf, dan kalimat yang benar (Tajwid). Maka jika kita mempelajari bahasa arab tampa ditunjang dengan belajar tahsin dan tajwid, akan terasa lebih sulit.

7. Perbanyak Latihan dan Menghafal Kaedah-kaedah

Banyak latihan juga sangat menunang keberhasilan kita dalam belajar bahasa arab, sebab belajar bahasa arab tampa latihan akan sia-sia. maka dari itu jika kalian ingin bisa cepat mahir bahasa arab perbanyaklah latihan, dan terapkan kaedah-kaedah bahasa araba dalam percakan kita sehari, dengan bahasa arab.

8. Optimis

Rasa Optimis akan merangsang hati kita kita untuk terus berusaha mempelajari, dan memahami bahasa arab dengan baik. Dengan sikap otimis, kita tidak akan mudah menyerah ketika berhadapan dengan kaedah yang sedikit lebih sulit untuk kita fahami.

9. Konsisten Mempelajarinya Secara Menyeluruh

Upayakan agar kita belajar secara konsisten dan menyeluruh, meskipun bisa jadi pada tiap-tiap tahapan materi belum begitu menguasai. Paksalah diri kita agar bisa ikut pelajaran dari awal hingga akhir.

Jangan berhenti di tengah jalan, karena jika kita berhenti sebelum pelajaran berakhir, maka kita tidak akan pernah mendapatkan gambaran ilmu secara keseluruhan, yang akibatnya meskipun kita berulang-ulang belajar dari guru ke guru, dari majelis ke majelis.

Jika kita tidak pernah istiqamah hingga akhir, maka pemahaman kita tidak akan pernah sempurna. Adapun jika kita mengalami kesulitan di tengah-tengah, janganlah bosan untuk bertanya, dan jika masih belum menguasi betul, jangan pula dijadikan alasan kita untuk berhenti.

10. Berusahalah Semampunya.

Inilah yang menarik dalam mempelajari Agama Islam secara umum, atau mempelajari bahasa Arab secara khusus. Kita hanyalah dituntut untuk berusaha sesuai kemampuan kita. Umpamanya jika seseorang mampu meraih nilai 100 tapi merasa cukup dengan nilai 70, maka dia berarti tidak memanfaatkan seluruh potensinya.

Jadi jika kita hanya mampu mendapat nilai 50 dan itulah batas nilai yang mampu kita raih, maka lakukanlah semampunya saja karena Allah tidak memerintahkan manusia sesuatu yang di luar batas kemampuannya, jadi berusahalah semaksimal yang kita bisa. 5

3 Kunci Mengenal Ilmu Nahwuu Dasar

Berikut adalah 3 Kuci mengenal Ilmu Nahwu Tingkat dasar yang dimaksud oleh penyusun buk Al Mujmal Fin Nahwi.
  • Mengenal I'rab dan Bina'
  • Mengenal Mu'rab dan mabni
  • Mengenal Penyebab I'rab
Itulah sedikit informasi terkait ebook Al mujmal Fin Nahwi, yang mengankat topik utama 3 kunci menganal ilmu nahwu tingkat dasar. Semoga informasi yang sangat singkat dan tidak beraturan ini bisa memberi seidkit gambaran tentang isi pembahasan Ebook Al Mujmal fin Nahwi.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Al Mujmal Fin Nahwi PDF, 3 Kunci Mengenal Ilmu Nahwu Dasar"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel