Hidayatul Athfal Kedah I'lal Makna Jawa Pegon Ala Pesantre Pdf


Hidayatul Athfal fis Sharfi wal I'lal Pdf, Sebuah kitab kecil yang membahas tentang kaedah penting dalam ilmu Shorrof dan I'lal, yang sangat penting untuk dipelajari oleh para penuntut ilmu sebagai salah satu persyaratan penting agar bisa membaca kitab kuning gundul.

Bagi seoorang santri / siswa yang akan belajar membaca kitab gundul karya para Ulama Salaf yang merupakan rujukan utama para santri dalam mempelajari ilmu agama, selain harus mempelajari ilmu nahwu juga harus belajar ilmu Shorrof.

Ilmu shorrof adalah Ilmu yang mempelajari tentang proses perubahan satu kalimat, dari satu bentuk tertentu menjadi beberapa bentuk yang memiliki fungsinya masing-masing.

Adapun Pokok pembahasan Ilmu I'lal adalah tentang perubahan huruf 'illat dalam sebuah kaliama, baik dengan cara membuang, mematikan, mengganti ataupun dengan memindahnya. Sperti huruf Illat yang terdapat pada lafadz Qola, yang asalnya adalah Qowala, huruf illat wawu dalam kalimat tersebut diganti dengan huruf alif sehingga menjadi lafadz Qola.

Dikalangan pesantren ilmu shorrof dan i'lal dikenal dengan istilah ilmu Alat, yang artinya, ilmu shorrof dan i'lal merupakan salah satu alat penting yang harus dimiliki oleh para pencari ilmu agar bisa mempelajari berbagai disiplin ilmu agama dari kitab kuning karya ulama salaf. seperti Imam al Ghazali, Imam Syafii, dan lain sebagainya.

Sekilas Tentang Nadham Hidayatul Athfal Makna Pesantren

Hidayatul Athfal merupakan salah satu kitab kecil yang membahas tentang kaedah I'lal, dan shorrof yang sangat cocok untuk kita ajarkan kepada anak, dan santri kita yang masih dalam tahap pemula.

Kitab ini selain mudah dihafal karena disusun dalam bentuk nadhaoman yang enak dibaca dengan lagu-lagu yang disukai oleh ana-anak, juga sudah dilengkapi dengan terjemahan dan keterang dalam bahasa jawa, sekaligus makna ala pesantren.

Selian itu didalam kitab ini juga sudah dilengkapi dengan banyak contoh yang sangat membantu kita dalam memahami maksud dari kaedah-kaedahnya.

D0wnl04d Hidayatul Athfal Makna Pesantren Pdf

Buat kalian yang ingin mempelajari karya Abi Umar Hasyim Amin asal pekalongan yang menerangkan kaedah i'lal dan shorrof ini dipersilakan untuk mengambilnya melalui tautan yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Hidayatul Athfal Kedah I'lal Makna Jawa Pegon Ala Pesantre Pdf"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel