Fathul Aqfal Pdf, Syarah Nadham Tuhfatul Athfal Tajwid


Shepangaropustaka.com - Salah satu pelajaran tajwid untuk pemula yang paling populer khusunya di indonesi adalah pelajaran tajwid Tuhfatul Athfal karya Syekh Sulaiman al Jamzuri.

Ilmu tajwid merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kitab suci al Quran, Jika kita ingin membaca al Quran maka kita harus membacanya sesuai dengan kaedah yang telah ditentukan dalam ilmu Tajwid.

Tajwid adalah Ilmu yang membahas tatacara membaca al Quran dengan baik dan benar sesuai dengan bacaan saat diturunkannya kepada baginda Nabi.

Demi menjaga keoriginalan al Quran maka dalam membacanya pun kita harus tetap sama dengan yang diajarkan oleh baginda Rasul sebagaimana dijabarkan dengan detail dalam ilmu tajwid. Mulai dari cara mengucapkan huruf dan lain sebagainya.

Sekilas tentang Fathul Aqfal

Kitab Fathul Aqfal merupakan salah satu kitab yang membahas tentang tata cara membaca al Quran, mulai dengan tempat keluarnya khuruf, sifat-sifat huruf, hingga cara berhenti dan memulai saat al Quran.

Fathul Aqfal adalah syarah dari kitab Tuhfatul Athfal yang berisi nadhaman tentang ilmu Tajwid, yang disusun sendiri oleh pengarang kitab Tuhfatul Athfal Yaitu Syekh Sulaiman al Jamzuri.

Biasanya kitab syarah, disusun guna membantu para pelajar antuk menerangkan maksud terperinci dari kitab matannya, apa lagi kitab matannya berupa nadhaman, tentu cara memehaminya lebih sulit dari pada yang bukan nadhaman.

Oleh karenanya kehadiran kitab Syarah sangat membantu kita yang ingin mempelajarii kitab matan untuk memperoleh pemahaman yang benar, apalagi jika syarah itu dibuat langsung oleh pengarang matannya, sebagaiman kitab Fathul Aqfal ini.

Mempelajari nadham tuhfatul athfal kita membutuhkan kitab syarah yang benar-benar bisa mengurai maksud nadham demi nadham sesui dengan yang dimaksud oleh pembuat nadham tersebut, maka kitab fathul Aqfal adalah satu-nya syarah dari kitab tuhfatul Athfal yang disusun sendiri oleh pengarang Tuhfatul Athfal.

Sekilas Isi kitab Fathul Aqfal

Secara garis besar kitab fathul Aqfal membahas tentang beberapa kaedah penting yang wajib difahami oleh para santri pemula yang mau memulai belajar membaca al quran dengan mengikuti kaedah ilmu Tajwid.

Beeriktu adalah beberapa pokok bahasan dari kitab Fathul Aqfal, yang tidak jauh berbeda dari kitab matannya.

1. Hukum Nun mati dan Tanwin

2. Hukum Mim Mati dan Tasydid

3. al Syamsiyah dan Qomariyah

4. Hukum Mad

Tempat dan Cara D0wnl04dnya

Di bawah ini sudah kami sediakan tautan yang dapat kalian gunakan untuk memperoleh file kitab Fathul Aqfal dengan mudah dan gratis.

Buat kalian yang ingin mend0wnl0adnya silakan iktuti tautan tersebut. Tautan itu akan mengantarkan kalian ke tempat kitab fathul aqfal kami simpan secara online, dan kalian bisa langsung mengambilnya darii tempat tersebut.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Fathul Aqfal Pdf, Syarah Nadham Tuhfatul Athfal Tajwid"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel