Tuhfatul Athfal Makna Pesantren Pdf, Pelajaran Tajwid Untuk Pemula


Tuhfatul Athfal Makna Pesantren Pdf. Adalah salah satu bahan pelajaran siswa pada lembaga pendidikan islam yang menerangkan tentang dasar-dasar ilmu tajwid.

Secara bahasa Tuhfatul Athfal dapat kita artikan sebagai persembahan untuk anak-anak, artinya kitab kecil ini memang didesain khusus untuk bisa dipelajari oleh anak-anak yang masih baru mau mulai belajar ilmu tajwid.

Model susunanannya yang berbentuk bait-bait nadham membuat kitab ini semakin disukai oleh anak-anak, sebab mereka bisa belajar tajwid sambil bernyanyi bersama, menyanyikan nadham Tuhfatul Athfal Karya Syekh Sulaiman al Jamzuri.

Sekilas Tentang Nadhaman Tajwid Tuhfatul Athfal

Kitab Tuhfatul Athfal merupakan salah satu kitab yang berisi tentang tajwid al-Qur’an yang digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi santri yang sedang mengkaji al-Qur’an.

Kitab Tuhfatul Athfal merupakan salah satu kitab ilmu tajwid yang didesain khusus untuk pemula, yakni ilmu pengetahuan tentang cara membaca al-Qur’an dengan baik dan tertib menurut makhrajnya, panjang pendeknya, tebal tipisnya, berdengung atau tidaknya, irama dan nadanya, serta titik komanya yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

Sebagai disiplin ilmu, kitab Tuhfatul Athfal mempunyai kaidah-kaidah tertentu yang harus dijadikan acuan dalam pengucapan huruf-huruf dari makhrajnya disamping harus pula diperhatikan hubungan setiap huruf dengan huruf sebelum dan sesudahnya pada tata cara pengucapannya. Oleh karena itu kitab Tuhfatul Athfal tidak dapat diperoleh hanya sekedar dipelajari namun juga harus melalui latihan dan praktek menirukan orang yang baik bacaanya.

Belajar kitab Tuhfatul Athfal bukanlah hal yang mudah, langsung hanya dengan sekejap bisa menguasainya, melainkan perlu pelatihan yang serius, berkesinambungan dan perlu ada bimbingan dari yang telah menguasai / ustad / kiai.

Sering kita jumpai di lingkungan sekitar, perlombaan membaca al-Qur’an, atau semacam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diadakan pada tingkat daerah maupun nasional, dari kelompok anak-anak sampai pada kelompok umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam membaca al-Qur’an.


=====
Nama Kitab: Terjemah Tuhfatul Athfal bahasa jawa pegon khas/ ala Pesantren.

Pokok Pembahasan: Dasar-dasar Ilmu Tajwid untuk pemula.

Pengarang: Syekh Sulaiman bin Husain bin Muhammad al Jamzuri.

Penerjemah: Kiai Ahmad Muthahhar bin Abdurrahman

Jumlah Halaman: 21 Halaman pdf.

Ukuran file: 4,54 Mb.
=====

Daftar Isi Kitab Tuhfatul Athfal


Kitab ini secara garis besar membahas tentang dasar-dasar Ilmu Tajwid, berikut ini antara lain topik yang menjadi fokus pembahasannya:

1. Hukum Nun mati dan Sukun

2. Hukum Mim Mati dan Tasydid

3. al Syamsiyah dan Qomariyah

4. Hukum Mad

Miliki sekaranga Kitab Tuhfatul Athfal Makna Pesantren Pdf


Bagi anda yang ingin membaca dan mempelajari dan membaca Tuhfatul Athfal makna jawa dan teks arab aslinya, berikut ini kami akan bagikan versi PDF nya. Sialkan ambil melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Tuhfatul Athfal Makna Pesantren Pdf, Pelajaran Tajwid Untuk Pemula"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel