Az Zubdatur Raiqah, Syarah Qashidah al Burdah

Az Zubdatur Raiqah, Syarah Qashidah al Burdah

Syarah qashidah al burdah karya Imam al Bushiri, selain indah dilantunkan, sair-syair qashidatul burdah berisi puji-pujian kepada manusia nomer satu, manusia pilihan Allah, manusia yang sangat istimewa, Nabi Muhammad SAW. Sehingga membacanya akan menambah kecintaan kita kepada baginda nabi, sehingga kelak kita tetap diakui sebagai umat-Nya.

Qashidah al Burdah menjadi sangat pouler, selain karena isinya yang berupa pujian, untuk mengobati rasa rindu umat muslim kepada Rasulullah, qashidah al burdah memiliki cerita yang inspiratif yang sangat mashur sekali, dimana beliau saat mengarang qashidah ini, dalam keadaan sakit lumpuh, yang tak bisa diatasi oleh tabib.

Sehingga dengan kelemahan dan ketidak berdayaan itu beliau hanya mengisi harinya diatas tempat tidur dengan merangkai puji-pujian untuk baginda nabi, hingga pada akhirnya beliau tertidur, dan bermimpi bertemu Rasulullah, dalam mimpi tersebut, Rasulullah mengusap imam al Bushiri, dan memberinya Burdah (Selimut). dan ajaibnya, setelah beliau bagun ternyata beliau benar-benar telah sembuh dari penyakitnya. akhirnya beliau beri nama qashidahnya dengan al Burdah ( Qashidah al Burdah)

======
Judul Kitab: az Zubdatur Raiqah fi Syarhil Burdatil Faiqah

Pokok Pembahasan: Syair pujian untuk baaginda Nabi Muhammad SAW.

Pengarang: Syaikhul Islam Zakariya al Anshari.

Jenis file: Pdf.

Jumlah File: 1

Totah Halaman: 148 Halaman.

Ukuran File: 8,97 Mb.
======

Selain untuk mengungkapkan rasa rindu, al burdah juga sering dibaca untuk tujuan yang berbeda-beda. yang paling populer adalah untuk melindungi rumah dll. dari gangguan makhluq halus, dan juga untuk kesembuhan orang yang sakit. kalau di desa saya orang sakit biasanya diabacakan burdah kalau sudah parah, dengan harapan kalau sudah waktunya biar cepat, dan jika masih belum waktunya, juga biar cepat sembuh.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Az Zubdatur Raiqah, Syarah Qashidah al Burdah"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel