Sabilul Iddikar karya Habib Abdullah al Haddad (PDF)

Sabilul Iddikar karya Habib Abdullah al Hadlromi (PDF)

Shepangaropustaka.com - Sabilul Iddikar Pdf, sebuah kitab tentang perjalanan umur manusia dari berbagai dimensi alam, mulai dari alam pertama kali diciptakan, hingga alam terakhir yang disebut dengan alam Akhirat.

Tentang Kitab Sabilu al Iddikar

Kitab Sabilul iddikar yang sedang kalian lihat di halaman ini, merupakan salah satu karya dari Habib Abdullah bin Alwi al Haddad, al Hadlrami, yang judul lengkapnya adalah: Sabilul Iddikar wal I'tibar bima Yamurru bil Insan wa Yanqadli lahu minal A'maar.

Melalui kitab ini Habib Abdullah ingin mengajak kita semua untuk sama-sama merenungkan bagaiaman perjalan umur kita dari fase ke fase, yang beliau simpulkan menjadi lima fase perjalanan umur manusia.

Berdasarkan hasil pengamatannya, pengarang mnyimpulkan bahwa ssemua umur manusia pasti melewati 5 fase tersebut. Yakni mulai dari sejak perpindahannya dari Sulbi ke rahim seorang ibu, sampai akhirnya menempati salah satu dari dua tempat di akhirat kelak, yakni surga, dan neraka.

Identitas Kitab:
Nama kitab: Sabulil Iddikar wal I'tiba bima Yamurru bil Insan wa Yangqadli lahu Minal A'mar.

Poko bahasan: Perjalana umur manusia.

Penyusun kitab: al Habib Abdullah bin Alwi al Haddad, al Hadlromi, Asy Syafii.

Penerbit: Dar al Hawi.

Jumlah kitab: 1

Format kitab: Pdf.

Tebal halaman: 128 Halaman.

Ukuran file: 2,31 Mb.
========

Pengarang Sabilul Iddikar


Sebagaimana telah kita sebutkan di atas, kitab ini adalah salah satu karya dari Habib Abdullah bin Alwi. Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad. Beliau lahir pada tahun 1044 H. / 1624 M. di Subair. Pinggiran kota Tarim.

Pada Saat usia 4 tahun beliau terkena penyakit cacar yang sangat hebat, sehingga mengakibatkan hilngnya  daya pandang beliau. Meski demikian, keadaan tersebut tidak menghalangi kegigihan belaiu dalam menuntut ilmu, sehingga beliau berhasil menghafal al Quran, dan banyak ilmu agama lainnya diwaktu belaiu masih kanak-kanak.

Beliau termasuk salah satu ulama abad ke 12 H. yang sangat produkktif. Belaiu berhasil menulis puluhan kitab yang sampai saat ini kitab tersebut masih banyak dipelajari oleh para santri. Berikut adalah beberapa dari karya beliau:

  1. an-Nashoihud Diniyyah wal Washoyal Imaniyyah.
  2. Ad-Da’watut Tammah wat Tadzkiratul ‘Ammah.
  3. Risalatul Mu’awanah wal Muzhoharah wal Muazaroh.
  4. al-Fushul ‘Ilmiyyah.
  5. Sabilul Iddikar wal I'tibar.
  6. Risalatul Mudzakaroh.
  7. Risalatu Adabi sulukil Murid.
  8. Kitabul Hikam.
  9. An-Nafaisul ‘Uluwiyah.
  10. Ithafus Sail Bijawabil Masail.
  11. Tatsbitul Fuad.
  12. Risalah Shalawat ; diantaranya Shalawat Thibbil Qulub (Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wadawa-iha, wa’afiyati abdani wa syifa-iha, wanuril abshari wadliya-iha, wa’ala alihi washahbihi wasalim).
  13. ad-Durul Mandzum (kumpulan puisi ).
  14. Diwan al-Haddad (kumpulan puisi).
  15. Ratibul Haddad.
  16. al Wirdul Lathif.

Daftar isi kitab Sabilul Iddikar

Secara garis besar kitabi ini memuat 6 poko pembahasan, yang berkaitan degan proses perpindahan umur manusia melewati lima fase dari berbagai dimensi alam. Ke enam pembahasn tersebut adalah sebagai berikut:

    -Fase 1

Pembahasan inti pertama dalam kitab ini adalah fase pertama dari umur manusi, yaitu fase penciptaan, yang dimulai dengan penjelasan tetntang penciptaan manusia pertama yaitu nambi Adam AS.

    -Fase 2

Fase berikutnya adalah fase Kelahiran hingga kematian. Yaitu fase manusia dilahirkan dari rahim seorang ibuk ke alam dunia, sampai dengan datangnya ajal yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

    -Fase 3

Sedangkan inti pembahasan berikutnya adal fase ketiga dari perjalanan umur manusia, yaitu fase kematian, dan alam Barzakh.

    -Fase 4

Fase ke empat, adalah hari dibangkitkannya seluruh umat manusi dari alam kubur, samapai dengan hari penentuan, apakah ia akan menjadi penghuni surag, atau penghuni neraka.

    -Fase 5

Fase terakhir adalah fase manusi menempati tempat terkahirnya, yaitu surga, dan neraka. Yang baik akan masuk surga, dan yang tidak baik akan masuk neraka.

    -Riwayat tentang Luasnya Raahmat Allah

Sebagai penutup belaiu juga mengahdirkan berbagai riwayat yang menunjukkan keluasan rahmat Allah SWT. terhadap hamba-hambanya.

Tempat, dan cara Download


Untuk mengenal, dan memahami lebih lengkap tentang kitab karya Habib Abdullah Ini, dipersilakan untuk langsung membaca kitabnya sendiri. Untuk kalian yang belum bisa membeli kitabnya, kalian bisa memiliki versi pdf-nya melalui tautan yang kami siapkan di bawah ini.

Cara downloanya, juga sangat mudah sekali. Jika kalian ingin memilikinya, kalian tinggal ikuti tautan yang kami sediakan, maka kalian langsung akan di antarkan ke tempat kitab ini disimpan secara online, dan kalian bisa langsung mengambilnya dengan mudah dari tempat tersebut.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Sabilul Iddikar karya Habib Abdullah al Haddad (PDF)"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel