Download Muktshar Ibnu Abi Jamrah Makna pesantren (PDF)

Kitab Muktshar Ibnu Abi Jamrah Makna pesantren (PDF)

Shepangaropustaka.com - Sabda Rasulullah SAW. "Barang siapa menyampaikan satu hadits kepada umatku demi tegaknya Sunnah, dan menolak bid'ah maka baginya (balasan berupa) surga" Hadits inilah yang memotifasi Syekh Ibnu Abi Jmarah untuk menyusun sebuah kitab yang kemudian dikenal dengan nama kitab Mukhtashar Ibnu Abi Jamroh ini.

Kitab Mukhtashar Ibnu Abi jamroh adalah salah satu kitab yang berisi rangkuman hadits-hadits shahih pilihan yang di ambil dari kitab Shahih Bukhari.

Dari sekian banyak kitab yang berisi hadits shahih, ibnu abi jamroh lebih memilih hadits shahih bukari untuk dijadikan sebagai induk dari kitab susunannya ini. Sebab menurut pernyataan beliau Hadits bukhari memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa.

Salah satu kistimewaan yang beliau pahami adalah, bahwa Apabila hadits bukhari dibaca dalam keadaan sulit maka dengan barokahnya kitab tersebut Allah akan melapangkan kesulitan tersebut, dan apabila dibaca di atas perahu insya Allah akan selamat dari tenggelam.

Dengan menjadikan hadits bukhari sebagai kitab induk dari kitab ini, Syakh Ibnu Abi jamroh optimis bahwa kitab ini akan sangat bermafaat untuk mebersih hati yang berkarat, serta melapangkan kerasnya hawa nafsu.

Kitab ini termasuk salah satu kitab kuning yang banyak dikaji di pesantren. Kitab ini banyak disyarahi oleh para ulama. Salah satu ulama yang menyarahi kitab ini adalah Syakh Muhmmad bin Ali Asy Syafii, Asy Syanwani.

Selain itu, kitab ini sudah lengkap dengan maknanya. menggunakan makna ala pesantren, untuk mempermudah para santri, dan pelajar pemula dalam mengkajinya. Jika kalian ingin mebaca, atau mempelajari kitab ini, kalian bisa mngembilnya melalui tautan yang telah kami sediakan di bawah ini.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Download Muktshar Ibnu Abi Jamrah Makna pesantren (PDF)"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel