Lengkap! Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari PDF

Lengkap! Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari PDF

Shepangaropustaka.com  | Fathul Bari Syaraha Hadits Shahih Bukhari Pdf. Hadits Nabi merupakan sumber hukum islam kedua setelah Al Quran. Keberadaan Hadits-hadits nabi, selai sebagai penjelas terhadap isi al quran, juga sebagai pembatas cakupan hukum di dalam al Quran.

Semasa Rasulullah masih hidup, memang ada larangan untuk menulis hadits, hal tersebut bertujuan untuk menjaga kemurnian, dan ke otentikan Al Quran sebagai kalam Allah SWT. Agar Al Quran tidak tercampur dengan yang lainnya. Meski demikian bukan berarti Hadits tidak mendapatkan perhatian istimewa dari para sahabat, Banayak dari mereka yang tetap menghafal sejumlah besar hadits-hadits Rasulullah SAW.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz, salah satu khalifah dari dinasti bani Umayyah diyakini sebagai pelopor penulisan dan kodifikasi hadits pertama kali, meski penulisan hadits pada saat itu masih belum dilakukan pemfilteran antara hadits yang berstatus Shahih, dan tidak. Namun jasa beliau tidak bisa kita ragukan sebagai sumbangsih atas keberlangsungan ajaran Islam.

Kemudian pada abat berikutnya muncullah para ulama yang memiliki keahlia dalam kodifikasi hadits, seperti halnya Imam Al Bukhari, dan Imam Muslim, melalui kitab meraka masing-masing yang sangat terkenal sampai saat ini.

Disusul kemuidan oleh para ilmuan yang mengikuti jejak langkah imam Bukhari dan imam muslim, sehingga terbitlah 6 kitab hadits yang menjadi rujakan para ulama berikutnya, yang dikenal dengan istilah Kutub As Sittah ( 6 Kitab Hadits).

Keadaan umat islam saat itu dan seterusnya tidak mungkin semuanya bisa memahami arti dan maksud sebuah hadits hanya berdasarkan kemampuannya mengartikan bahasa arab secara tekstual, sehingga hal tersebut menarik perhatian para ulama untuk menjabarkan arti hadits melalui kitab yang disebut Syarah.

Ada banyak ulama yang menyusun kitab syarah untuk memberikan pemahaman yang benar terhadap hadits-hadits nabi, sebagaimana yang dilakukan oleh Imam Ibnu Hajar Al Asqalani, dengan kitabnya yang berjudul Fathul Bari.

Kitab Fathul Bari sampai saat ini masih sering dijadikan rujukan para santri, dan kiai dalam memahami sebuah hadits. Sebab sebagai penganut paham Ahlussunnah Wal Jamaah, kita sangat berhati-hati dalam mengartikan hadits, sehingga untuk mengartikannya kita harus merujuk pada pendapat ulama yang memiliki kemampuan dalam memahami hadits nabi dengan baik.

Download Terjemah Kitab Fathul Bari Pdf

Khusus buat kalian yang lebih suka mempelajari kitab melalui terjemahan, kitab fathul bari juga sudah beredar versi terjemahnya dalam format Pdf.

Download Kitab Fathul Bari Pdf

Buat sahabat Shepangaro Pustaka yang ingin mempelajari kitab Fathul Bari dalam bentuk kitab Pdf, Kami persilakan untuk mengambil kitabnya melalui tautan yang tersedia di bawah ini. Sialakan pilih berdasarkan jilid yang ingin kalian kaji.



Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Lengkap! Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari PDF"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel