Al Bahjatus Saniyah Syarah Kharidah Al Bahiyah (Pdf)


Shepangaropustaka.com | Al Bahjatus Saniyah Syarah Khoridah al Bahiyah Fi Ilmi Tauhid Karya Syekh Muhammad Hasan Al Masy-Syath.

Al Bahjatus Saniyah merupakan salah satu dari sekian banyak kitab yang menjabarkan (syarah) kitab tauhid karya Imam Ad Dardir, Mandhumah Kharidah Al Bahiyah.

Pelajaran tauhid merupakan ilmu terbaik yang sangat penting, dan wajib kita pelajari pertama kali, sebab dengan ilmu tauhid kita bisa mengenal sifat-sifat yang wajib, muhal, dan jaiz bagi Allah dan para utusannya.

Dan diantara sekian banyak kitab tauhid, ada salah satu kitab yang sangat populer, dan cocok banget untuk santri pemula, mudah dihafal, karena berbentuk kalam nadham (Syair), serta mudah dimengerti, karena memang didesain khusu untuk pemula, yang berjudul Al Khoridah Al Bahiyah karya Syekh Ahmad bin Muhammad Al Adwi ( Al Dardir Ra.).

Kepopuleran kitab tersebut berhasil menarik perhatian para Ulama untuk mensyarahinya, tak terkeculi penyusunnya sendiri syakh ahmad dardir, yang kemudian banyak disyarahi lagi oleh para santrinya, dan  ulama lain di al Azhar.

Tak ktinggalan juga Syekh Al 'Allamah Al Qadli Muhammad Hasan Al Masy-Syath pada tahun 1385 H. Bliau telah berhasil mnyusn kitab Al Bahjatus saniya Syarah dari kitab Kharidah Al Bahiyah yang selesai pada tahun 1385 H.

Kareya beliau ini menjadi salah satu kitab Syarah Kharidatul Bahiyah yang sangat ringkas dan cocok sekali untuk para pelajar ilmu tauhid pemula.

Didalam kitab ini diuraikan maksud, dan penjelasan nadham tauhid karya syekh Ad Dardir dengan sangat jelas dan ringkas, menggunakan diksi yang sangat mudah difahami, sehingga kitab ini tergolong kitab syarah yang benar-benar padat berisi.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Al Bahjatus Saniyah Syarah Kharidah Al Bahiyah (Pdf)"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel