Manaqib Syekh Abdul Qadir al Jilani - Lujainud Dani Makna Pesantren


Shepangaropustaka.com | Lujainud Dani, Manaqib Sultonul Auliya Syekh Abdul Qadir Al Jailani dengan makna jawa pegon ala pesantren pdf.

Ada banyak kitab yang memaparkan manaqib sang Sulthanul Auliya seperti halnya kitab Jawahirul maani, dll, akan tetapi Al-Lujjainud Dani karya Syaikh Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim Al-Barzanji, adalah yang paling Mashur.

Kitab yang berisi syair-syair indah ini sudah tersebar di seluruh negeri musli didunia, terutama di daerah-daerah basis penyebaran thariqah Qadiriyah termasuk di negeri kita tercinta ini.

Kitab lujainud dani fi manaqibi Syekh Abdul Qadir Al Jailani masuk ke Indonesia sejak akhir abad 18 M, yang bersamaan dengan masuknya thariqah Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah.

Secara bahasa kata Manaqib dapat diartikan kisah kekeramatan seorang wali. Sementara secara istilahnya, Manaqib ialah cerita tentang kekeramatan seorang wali yang biasanya dapat didengar dari juru kunci makam, dari keluarga dan atau dari murid-muridnya, atau juga bisa dibaca dalam sejarah-sejarah kehidupannya.

Adapun manaqib secara leksikal, memiliki arti kebaikan sifat dan sesuatu yang mengandung berkah. Dalam dunia tarekat, manaqib merupakan catatan riwayat hidup Syekh tarekat yang memaparkan kisah ajaib dan hagiografis (sanjungan) dengan menyertakan ikhtisar hikayat, legenda, kekeramatan, dan nasihatnya. Semuanya itu ditulis oleh pengikut tarekat yang dirangkum dari cerita para murid, orang dekat, keluarga, dan bahkan sahabatnya.

Pengertian manaqib secara istilah ialah membaca sejarah orang-orang sholeh, seperti kisah Nabi atau auliya’ (para kekasih Allah). Dalam tradisinya, kisah-kisah tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa yang sangat indah dengan susunan kalimatnya yang benar-benar menyentuh hati. 

Untuk lebih jelasnya lagi manaqib dapat kita terjemahkan sebagai sesuatu yang diketahui dan dikenal pada diri seseorang, berupa perilaku dan perbuatan yang terpuji disisi Allah SWT, sifat-sifat yang manis serta menarik, pembawaan dan etika yang baik nan indah, suci lagi luhur, kesempurnaan-kesempurnaan yang tinggi dan agung, serta karomah-karomah yang agung di sisi Allah SWT.

Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "Manaqib Syekh Abdul Qadir al Jilani - Lujainud Dani Makna Pesantren"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel