Adab Fatwa Wa Mufti Wa Mustafti Karya Imam Nawawi [ PDF ]


Shepangaropustaka.com | Adab Fatwa Wa Mufti Wa Mustafti Karya Imam Nawawi PDF, Adab/ etika berfatwa, memberi fatwa, dan meminta fatwa.

Tugas memberi fatwa adalah warisan para nabi kepada para Ulama, yang hukumnya adalah Fardu Kifayah, namun rentan terjadi kesalahan, sehingga seorang mufti harus extra berhati-hati dalam memberi fatwa.

Adabul Fatwa wal Mufti, wal mustafti karya Imam Yahya bin Syarof An Nawawi ( Imam Nawawi ) ini mengulas tuntas tentang hal-hal, dan atau etika berkenaan dengan tugas mulia memberi fatwa, dan menerima fatwa.

Pada bagian pertama buku ini menerangkan tentang ciri-ciri, orang yang pantas untuk memberikan fatwa. Karena beratnya tanggung jawab pemberi fatwa maka tidak sembarang orang diperbolehkan mengeluarkan fatwa.

Di dalam buku ini diteerangkan bahwa tidak ada satu orangpun yang layak untuk mengeluarkan fatwa samapi mendapatkan kesepakatan dari sekurang-kurangnya 70 ulama, bahwa orang tersebut sudah layak untuk memeberi fatwa.

Imam Malik menyatakan bahwa tidak sepatutnya seseorang merasa, atau mengannggap dirinya sudah pas untuk memberi fatwa, sampai ia bertanya kepada Ulama yang lebih Alim daripada dirinya.

Selain harus memenuhi kelayakan menjadi seorang mufti, pemberi fatwa juga harus memenuhi beberapa syarat dasar menjadi mufti, antara lain adalah harus Mukallaf, Muslim, dapat dipercaya, berseih dari sebab-sebab kefasikan, dan lain semacamnya.

Untuk lebih detail dan jelasnya silakan kalian baca dalam kitab Adabul Fatwa wal Mufti Wal Mustafti Karya Imam Nawawi ini, dan silakan ambil kitabnya melalui tautan yang sudah kami sediakan di bawah ini, semoga kitab yang kami bagiakan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Adab Fatwa Wa Mufti Wa Mustafti Karya Imam Nawawi [ PDF ]"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel