Al Maqashid An Nawawiyah Karya Imam Al Nawawi ( PDF )


Shepangaropustaka.com | Abu Zakariya  Yahya bin Syarof al Nawawi adalah nama lengkap dari penyusun Al Maqashid Al Nawawiyah sekaligus salah satu Tokoh / Syekh dalam Madzhab Syafiiiyah yang dikenal dengan panggilan Imam An Nawawi.

Iamam An Nawawi mengemas risalah (kitab kecil) ini menjadi 7 pokok pembahasan dan satu penutup. Tujuh pokok pembahasan dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Al Maqshad Awwal (Aqidah dan Hukum Islam )

Pada bagian ini dijelaskan tentang Akidah Islam, dan dasar-dasar hukum islam, seperti definisi tentang wajib, sunnah, haram, dan lain semacamnya.

2. Al Maqshad Tsani ( Thaharoh )

Dibagian ini, Imam Nawawi fokus membahas hal-hal terkait bab Thaharoh ( Sesuci). Thaharah merupakan bagian dari ibadah, dimana salah satu ibadah wajib kita tidak bisa sah tanpa thaharah. Secara garis besar pembahasan thaharoh terbagi menjadi dua inti pembahasan, tahaharoh (Suci) dari Hadats, dan suci dari Najis.

3. Al Maqshad Tsalits ( Hukum-hukum dalam Shalat)

Shalat merupakan salah satu kewajiban inti yang harus dikerjakan minimal sebanyak lima kali dalam sehari. Shalat merupakan salah satu rukun islam, yang artinya jika kita mengaku beragama islam, maka jangan pernah tinggalkan shalat, sebab shalat adalah bagian dari rukun Islam itu sendiri.

Sebagaimana telah kita maklum bahwa rukun adalah bagian penting dalam satu pekerjaan yang apa bila salah satunya tidak ada maka pekerjaan itu tidak akan terlaksana. Ibarat kita ingin membuat Nasi, maka rukun membuat nasi kira-kira ada 3, yaitu pemanas, beras, dan air, sehingga jika salah satu dari ketiganya ada yang tidak ada maka nasi tidak akan pernah jadi.

Begitulah kira-kira gambaran betapa pentingnya ibadah shalat bagi kita yang menganut Agama islam yang salah satu rukunnya adalah mendirikan shalat sebanyak lima waktu dalam sehari.

4. Al Maqshad Al Rabi' ( Zakat )

Pada pokok pembahasan ini, Imam An Nawawi menerangkan hukum-hukum terkait kewajiban mengeluarkan Zakat. Mulai dari kapan kita harus berzakat, dan berapa yang harus kita keluarkan sebagai zakat, serta kepada siapa zakat harus diberikan.

5. Al Maqshad Al Khamis ( Bab Puasa)

Pada pembahasan ini, kita akan belajar hal-hal dasar terkait dengan ibadah puasa. Apa saja yang penting untuk kita perhatikan dalam mejalankan ibadah puasa agar kita bisa menjalankan salah satu rukun islam ini dengan baik dan benar.

6. Al Maqshad As Sadits ( Tentang Ibadah Haji )

Pembahasan berikutnya adalah tentang ibadah Haji. Pada bagian Ini Imam Nawawi membuka pembahasannya dengan menjelaskan siapa sajakah yang berkewajiban melaksanakan ibadah haji, sebab ibadah haji meskipun termasuk rukun islam, tidak semua umat muslim berkewajiban menunaikannya, kecuali yang telah memenuhi syarat dan ketentuannya.

7. Khatimah / Penutup. ( Tashawuf )

Bgian akhir dari pokok bahasan risalah karya imam Nawawi ini, membahas tentang kaedah, atau rambu-rambu tashawuf. Tashawuf merupakn bagian adari ajaran agama yang sangat penting untuk kita pelajari, serta kita fahami, dan kita peraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Identitas Singkat:
=======
Judul Kitab: Al Maqashid An Nawawiyah.

Pokok Bahasan: Mqashid Syariah ( Inti Syariah )

Penyusun: Syaikhul Madzhab Imam Yahya bin Syaraf al Nawawi.

Jumlah jilid: 1.

Format file: Pdf.

Tebal halaman: 73 Halaman.

Penerbit: Maktabah Al Ghazali.

Terbitan ke: 3. Tahun 2001 M. / 1422 H.

Ukuran file: 1,70 Mb.
=======

Tempat dan Cara Donlod Al Maqashid Karya Imam Nawawi

Di bawah ini sudah kami sediakan tautan yang bisa kalian pakai untuk menyimpan kitab karya Syeikhul Madzhab Imam An Nawawi ini, Sehingga kalian dapat terus membacanya berulangkali tanpa perlu terkoneksi ke internet lagi.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Al Maqashid An Nawawiyah Karya Imam Al Nawawi ( PDF )"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel