Kumpulan kitab / buku maulid Nabi Pdf

Kumpulan kitab / buku maulid nabi Pdf. Yaitu buku², atau kitab² yang biasa di baca dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Seperti maulid al Diba'i, Simtut Durar, dan lain sebagainya.

Acara maulid nabi pertama kali diadakan adalah sebagai bentuk ungkapan suka cita atas lahirnya manusia pilihan, yang diutus oleh Allah SWT. Kepada seluruh alam semesta.

Dalam acara yang di gelar atas dasar suka cita itu, biasanya disis dengan pembacaan sejarah, untuk mengenang momen-momen indah dan penuh kebahagiaan tersebut.

Oleh sebab itu, dalam rangka acara memperingati hari lahir baginda nabi tersebut, disis drngan pembacaan kitab, yang berisi puji²an, dan sejarah singkat tentang jelahiran beliau, seprti yang tertuan dalam buku, dan kitab² maulid.


Ada beberpa macam kitab dan buku, yang pas untuk dibaca dalam acara peringatan maulid. Di antaranya, dan yang paling umum adalah, maulid al Diba'i, Simtut Durar, dan al Barzanji.

Berikut adalah beberpa buku/kitab maulid yang biasa dibaca dalam acara peringatan malid nabi. Dan bisa anda miliki dalam bentuk file pdf. Sehingga kita bisa membacanya kapanpun, dan dimanapun melalui smartphone, gadget, prangkat elektronik lainnya.

Kumpulan kitab / buku maulid nabi Pdf

1. Maulid al Diba'ie

Maulid al Diba'i, Ini adalah kitab / buku maulid yang paling populer, dan menempati urutan pertama dari deretan buku maulid yang paling banyak dibaca dalam acara peringatan maulid Nabi.

2. Maulid al Barzanji

Kitab maulid berikutnya adalah maulid al barzanji. Maulid al Barzanji, memiliki kesamaan dengan maulid al diba'i, khususnya di bagian qiyam. Yang dibaca dalam maulid al diba'i saat qiyam sama dengan yang dibaca dalam kitab maulid al barzanji.

3. Maulid Simtut Duror

Deretan kitab maulid ketiga, yang paling populer adalah kitab maulid Simtut Duror. Kitab maulid ini dikenal dengan istilah Maulid al Habsyi. Hal itu dikarenakan Kitab maulid ini karang oleh Habib 'Ali bin Muhammad al Habsyi.

4. Maulid al Dhiyaul Lami'

Selanjutnya ada kitab maulid yang berjudul Al Dhiyaul Lami'. Senuah kitab tentang sejarah kelahiran nabi, layaknya kitab-kitab maulid yang lain, yang disusun oleh Habib Umar bin Hafidz

5. Al Ibriz al Dani

Kitab maulid berikutnya, adalah kitab al Ibriz al dani. Kitab tentang maulid yang dikarang oleh Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al Bantani.

6. al Ni'matul kubro ala al Alam

Kmudian, ada juga kitab al Nikmatul kubro ala al Alam fi Maulidi Sayyidi Waladi adam. Kiatab maulid ini adalah karangan Ibnu Hajar al Haitami.

Itulah buku/kitab maulid yang paling sering dibaca khususnya dalam acara peringatan maulid nabi. semuga dengan adanya rasa suka cita dalam memperingati hari lahir beginda nabi, kita termasuk orang yang selamat, dan beruntung di dunia, hingga di akhirat kelak.
Admin Orang biasa yang hanya berbekal cita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk Agama, Nusa, dan Bangsa

0 Response to "Kumpulan kitab / buku maulid Nabi Pdf"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel