Adabul Alim wal Muta'allim dengan Makna ala Pesantren Petuk


Shepangaropustaka.com | Ajaran agama kita memang sarat dengan adab, dan etika, bahkan menurut kesimpulan sebagian Ulama 2/3 dari ajaran agama adalah tentanng akhlaq, dan adab, tak heran jika Rasulullah pernah bersabda yang artinya aku diutus semata-mata untuk menyempurnkan budi luhur ( Akhlaqul Karimah).

Akhlaq dan ilmu memiliki kaitan yang sangat erat, sebab keduanya saling membutuhkan, Akhlaq butuh kepada Ilmu, dan Ilmu juga butuh kepada Akhlaq, ilmu tanpa Akhlaq tidak akan berguna, akhlaq tanpa ilmu juga akan berbahaya.

Sebab segala perbuatan yang tidak disertai dengan Ilmu lebih banyak rusaknya ketimbang bennarnya. Oleh karenanya Islam menjunjung tinggi Ilmu Pengetahuan, dengan mendorong umat manusia untuk giat, dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Agar ilmu yang kita peroleh menjadi ilmu yang bermanfaat sekaligus barokah, maka dalam mencarinya kita harus melauli jalan yang penuh dengan atika dan adab.

Begitu pentingnya adab dalam mencari Ilmu sehingga para Ulama kita banyak yang menyusun sebuah kitab khusu yang mengupas tuntas tentang etika dalam menuntut ilmu, salah satunya yang paling terkenal adalah kitab Ta'limul Mutaallim yang sampai saaat ini masih menjadi rujukan para santri dan kiai dalam khal etika menuntut Ilmu.

Tak ketinggalan juga Ulama pendiri organisai NU yang kita banggakan hari ini, Hadlratusy Syekh KH. Hasyim Asy'ari, beliau juga termasuk salah satu Ulama nusantara yang aktif menulis kitab sangat bermanfaat untuk kita semua, beliau juga menulis kitab tentang etika dalam menuntut ilmu yang berjudul Adabul Alim wal Mutaalim.

Adabu al Alim Wal Mutaallim makna pesantren adalah Sebuah karya yang mengupas tuntas etika yang sanngat penting untuk dipelajari, difahami, dan dilaksanakan oleh seorang santri/ murid dalam menuntut Ilmu, serta etika dan hal-hal yang dibutuhkan seorang guru dalam mentransfer ilmu kepada para santri, dan muridnya.

Donlod Adabul Alim wal Mutaalim makna Pesantren Pdf

Di bawah ini adalah tautan yang bisa kalian gunakan untuk memperoleh kitab Adbul Alim wal Mutaalim karya Syekh Hasyim Asyari yang lengkap dengan makna pesantrennya, sehingga dengan adanya makan tersebut dapat membantu kita dalam mempelajarinya.

Admin Hanya orang biasa yang ingin belajar menjadi orang bermanfaat untuk orang lain

0 Response to "Adabul Alim wal Muta'allim dengan Makna ala Pesantren Petuk"

Post a Comment

Jika ada hal yang kuran jelas dari halaman ini/ ada tautan yang rusak segera beritahu kami melalui form komentar ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel